APA ITU KOMPUTER MULTIMEDIA?
Komputer multimedia adalah sebuah
komputer dengan spesifikasi tertentu dan dilengkapi dengan beberapa peripheral
yang digunakan untuk mengolah teks, grafik, audio, animasi dan video untuk
menjadi sebuah informasi dan hiburan secara kreatif dan interaktif.
Standar Komputer Multimedia Pada Tahun 1990 :
v 16 MHz
386SX CPU
v 2 MB RAM
v 30 MB hard
disk
v 256-color,
640 x 480 VGA video card
v 1x CD ROOM
drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
v Sound card
outputting 22 KHz, 8-bit sound; and inputting 11 KHz, 8-bit sound
v Windows3.0
with multimedia extensions
Pada tahun 1993 :
v 25 MHz
386SX CPU
v 4 MB RAM
v 160 MB hard
disk
v 16-bit
color, 640 x 480 VGA video card
v 2x CD ROOM
drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time
v Sound card
outputting 44 KHz, 16-bit sound
Windows3.0 with multimedia extensions, or windows 3.1
Windows3.0 with multimedia extensions, or windows 3.1
Pada tahun 1996 :
v 75 MHz
386SX CPU
v 4 MB RAM
v 540 MB hard
disk
v Video
system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15 bit color
v MPEG 1
Hardware or software video playback
2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time
2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time
v Sound card
outputting 44 KHz, 16-bit sound
Windows3.11
Windows3.11
Perkembangan selanjutnya, seiring
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi spesifikasi hardware computer
multimedia sangat pesat. Namun bagaimanapun, hasil akhir produk-produk
informasi akan sangat ditentukan juga pada kreatifitas dan inovasi pengguna
tool tersebut
MENGAPA MULTIMEDIA?
Pemenuhan kebutuhan informasi bagi
manusia baik yang bergerak di bidang pendidikan, perusahaan, hiburan dan
sebagainya mengalami perubahan pola atau cara. Dengan berbagai alasan seperti
efisiensi waktu, biaya dan ruang, manusia cenderung mengingini perolehan dan
penyimpanan informasi dengan cara-cara yang sederhana, cepat, menyenangkan,
efisien dalam pemakaian ruang dan dengan biaya yang relative murah.
Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset Computer Technology Research (CTR) ;
v Manusia
mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
v Manusia
mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
v Manusia
mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
v Manusia
mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Mengacu pada hasil penelitian
tersebut, para ahli teknologi berupaya mengadakan teknologi yang memungkinkan
manusia memperoleh informasi yang diingininya dengan cara melihat, mendengar
dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya.
Kemampuan multimedia dalam memudahkan aktivitas manusia diantaranya :
v Mengubah
tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung
teleworking dan telecommunicating adalah Netmeeting
v Mengubah
cara belanja. Homeshooping/teleshooping dapat digunakan dengan menggunakan
fasilitas internet
v Mengubah
cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia. Belajar on-line,
e-learning dengan menggunakan e-book.
Sumber:
http://hendrastation.wordpress.com/2009/03/11/pengantar-multimedia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar