Senin, 18 November 2013

Komputer Multimedia

APA ITU KOMPUTER MULTIMEDIA?
Komputer multimedia adalah sebuah komputer dengan spesifikasi tertentu dan dilengkapi dengan beberapa peripheral yang digunakan untuk mengolah teks, grafik, audio, animasi dan video untuk menjadi sebuah informasi dan hiburan secara kreatif dan interaktif.
Standar Komputer Multimedia Pada Tahun 1990 :
v  16 MHz 386SX CPU
v  2 MB RAM
v  30 MB hard disk
v  256-color, 640 x 480 VGA video card
v  1x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1  second seek time
v  Sound card outputting 22 KHz, 8-bit sound; and inputting 11 KHz, 8-bit sound
v  Windows3.0 with multimedia extensions
Pada tahun 1993 :
v  25 MHz 386SX CPU
v  4 MB RAM
v  160 MB hard disk
v  16-bit color, 640 x 480 VGA video card
v  2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time
v  Sound card outputting 44 KHz, 16-bit sound
Windows3.0 with multimedia extensions, or windows 3.1
Pada tahun 1996 :
v  75 MHz 386SX CPU
v  4 MB RAM
v  540 MB hard disk
v  Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15 bit color
v  MPEG 1 Hardware or software video playback
2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 400 ms seek time
v  Sound card outputting 44 KHz, 16-bit sound
Windows3.11
Perkembangan selanjutnya, seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi spesifikasi hardware computer multimedia sangat pesat. Namun bagaimanapun, hasil akhir produk-produk informasi akan sangat ditentukan juga pada kreatifitas dan inovasi pengguna tool tersebut

MENGAPA MULTIMEDIA?
Pemenuhan kebutuhan informasi bagi manusia baik yang bergerak di bidang pendidikan, perusahaan, hiburan dan sebagainya mengalami perubahan pola atau cara. Dengan berbagai alasan seperti efisiensi waktu, biaya dan ruang, manusia cenderung mengingini perolehan dan penyimpanan informasi dengan cara-cara yang sederhana, cepat, menyenangkan, efisien dalam pemakaian ruang dan dengan biaya yang relative murah.

Disisi lain berdasarkan pengamatan terhadap kemampuan manusia dalam menerima dan mengingat informasi yang diterimanya, menurut Riset Computer Technology Research (CTR) ;
v  Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
v  Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
v  Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
v  Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Mengacu pada hasil penelitian tersebut, para ahli teknologi berupaya mengadakan teknologi yang memungkinkan manusia memperoleh informasi yang diingininya dengan cara melihat, mendengar dan mengalami (menjadi pelaku) di dalamnya.
Kemampuan multimedia dalam memudahkan aktivitas manusia diantaranya :
v  Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking dan telecommunicating adalah Netmeeting
v  Mengubah cara belanja. Homeshooping/teleshooping dapat digunakan dengan menggunakan fasilitas internet
v  Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia. Belajar on-line, e-learning dengan menggunakan e-book.


Sumber:
http://hendrastation.wordpress.com/2009/03/11/pengantar-multimedia/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar