Kamis, 21 November 2013

Corel Draw



Mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum pernah menggunakan  atau bahkan belum tahu atau apa itu corel draw.

Jadi COREL DRAW adalah suatu piranti lunak komputer yang dapat digunakan untuk menggambar, membuat logo, edit foto menjadi bitmap, edit foto menjadi gambar kartun, design kaos, dan semua yang berhubungan dengan grafis dan coret-coretan yang menghasilkan kreasi gambar yang menarik.
Sebelum kita menggunakan corel draw, alangkah baiknya apabila kita mengenal fungsi-fungsi dari menubar yang ada pada corel draw. Dan dalam artikel ini saya akan menjelaskan fungsi-fungsi menu bar yang ada pada corel draw.



1. FILE
Pada menu ini terdapat submenu lagi diantaranya NEW (membuat halaman baru), OPEN (membuka file yang tersimpan pada komputer), EXPORT (mengubah format berextionsion .cdr ke format .jpg, atau .bmp). IMPORT (tidak semua file bisa dibuka di coreldraw maka untuk bisa mengubahnya kita bisa membukanya dengan perintah import), Submenu PRINT dan Print preview....anggap aja dlm hal ini rekan-rekan sudah dlm mengenal sub menu ini karna sub menu ini di program Microsoft Word juga ada.

2.EDIT
Menu ini terdapat submenu yang lumayan banyak tapi yang akan sering digunakan kita adalah menu UNDO,REdO,Copy dan Paste untuk yang lainnya mungkin rekan-rekan bisa mengexplorenya sendiri.

3.VIEW
Menu yang sering digunakan untuk melihat tampilan layar bidang kerja atau bidang gambar yang kita kerjakan.

4.ARRANGE
Perintah yang sering digunakan dalam menu ini adalah untuk proses Group Ungroup,rotasi objek gambar serta printah yng berhubungan dengan peletakan bidang gambar.

5.Menu Effect
Menu ini banyak digunakan untuk mengatur ketajaman warna,cahaya,serta submenu yang berfungsi untuk memperindah objek yang kita gambar.

6.Text
Menu yang berhubungan dengan pengolahan huruf dan angka, seperti insert caracter, format paragraf dan lain lain.

7.TABLE
Menu untuk mebuat tabel dan colom.

8.TooLs
Menu yang terdapatnya pengaturan warna,pengaturan object dan pengaturan grafik dan style.

9.Windows
Menu untuk memindahkan halaman tempat anda bekerja membuat suatu object.

10.Help
Menu ini berfungsi sebagai link untuk tutorial corel secara online dari pembuat software itu sendiri.

Sebuah software tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bukan? Nah mari kita lihat apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan corel draw itu?

Kelebihan coreldraw:
Terletak pada tool-toolnya yang lebih bersifat freehand, karenanya coreldraw pada dasarnya sebagai software grafis coreldraw bisa berdiri sendiri, Karena berbasic vektor dan bersifat freehand inilah, software ini bisa dijadikan pilihan utama untuk pembuatan sebuah logo. Hanya saja coreldraw juga memiliki kemampuan untuk dipadupadankan dengan editing foto, terlebih jika ingin menghasilkan suatu gambar grafis dari foto dengan penambahan atau editing tulisan dan karakter-karakter tertentu. Coreldraw juga mampu untuk mengimpor atau ekspor file menjadi file jpg, bmp atau lainnya.

Kekurangan corel draw:
Memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.

Besar file yang dibuat membengkak

Warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer

Dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual

Apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.

Kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar