Kamis, 18 Oktober 2012

Script Sederhana Pada ToolBook

Script Sederhana Pada ToolBook


 

Saya masih akan membahas tentang cara membua katalog pada Toolbook (materi yang pernah saya dapatkan pada kursus MulDev). Setelah kita membuat atau mendesain bentuk katalog seperti pada pembahasan yang lalu, sekarang  saatnya kita membuat script. Mengapa katalog ini harus kita masukkan script? Karena script ini dapat kita ibaratkan sebagai urat nadi program yang akan kita buat. Program tidak akan berjalan apabila kita tidak memasukkan script.
Pada toolbook ini script yang di gunakan tidak terlalu banyak, dan relative lebih sedikit dan lebih mudah. Ok mari kita buat script nya. Buka page 1. Kemudian kita klik script editor dan kita masukkan script untuk halaman menu.  perhatikan gambar di bawah ini.

Lanjut ke halaman 2. Pada halaman 2, kita akan memasukkan 2 buah script. Script pertama, untuk tombol quit. Dan script kedua untuk 4 buah tombol mobil. Sebelumnya kita mesti menggroup 4 mobil tersebut. Dengan cara klik kanan + shift  untuk masing-masing mobil, lalu klik ctrl + G.
Script quit

Script group

Lanjut ke halaman 3. Karena background pada halaman 1 – 6 adalah sama, maka kita hanya memasukkan script pada background saja. Adapun script tersebut untuk tombol prev, menu, dan next.
Script menu
 Script next
 Script prev



Untuk meruning program, silahkan klik F3 pada keyboard.
Silahkan mencoba. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar