Kamis, 18 Oktober 2012

Membuat Katalog Dengan ToolBook

Membuat Katalog Dengan ToolBook



Pada kesempatan ini saya akan membahas lebih lanjut tentang ToolBook. Disini saya akan memberikan contoh tentang cara pembuatan katalog. Yang tentunya materi ini pernah saya dapatkan pada kursus multimedia.
Pertama  kita buka dulu aplikasi ToolBook nya. Setelah itu kita ubah size pada menu objek > properties for page (seperti pada gambar).




Pada halaman 1, kita masukkan 3 buah gambar seperti di atas. Dengan cara insert > graphic. Setelah halaman 1 selesai, sekarang mari kita buat halaman 2. Klik ctrl + M karena kita ingin bermain pada background yang berbeda.

Ini adalah tampilan background untuk halaman 2.
Pada background untuk halaman 2, kita insert graphic lagi seperti pada halaman 1. Setelah itu kita klik F4 agar kembali ke page.
Kemudian kita  membuat button (push button). Kemudian kita ubah properties button tersebut. Kita bisa mengubah name, border style, fill color, drawing option. 
Pada graphic kita bisa memasukkan gambar. Kenapa disini kita memasukkan 3 gambar pada button graphics?  Hal ini di tujukan supaya ketika kita mengklik button tersebut, dapat berganti gambar.  Dan pada behavior kita bisa men-uncheck “include the button in the tab”.








Setelah button 1 selesai, kita dapat menduplikat button tersebut. Hal ini dapat mempermudah kita, agar kita tidak perlu membuat  button lagi. Cara menduplikat button tersebut adalah dengan cara mengklik ctrl + D.
Dan pada button kedua, ketiga, dan keempat  kita tinggal mengimport  beberapa gambar pada graphics. Setelah button selesai kita buat, kita dapat membuat field dengan nama keterangan. Field ini berguna untuk memberikan keterangan pada button-button yang sudah kita buat.

Setelah itu mungkin kita bisa menambahkan button baru. Button tersebut ingin saya import graphic quit. Caranya sama seperti saat kita mengimport graphic mobil seperti diatas.

Setelah page 1 selesai, mari kita buat page 2. Karena page 1 dan page 2 akan kita desain dengan background yang berbeda, maka kita dapat mengklik ctrl + M.
Mari kita masukkan gambar pada background untuk halaman 2. Sama seperti halaman pertama, klik menu insert >graphic. Setelah itu kita masukkan backdrop dengan cara klik properties pada background. Dan pilih menu draw. 
Masih pada background, sekarang mari kita buat button baru. Button ini akan kita import menu, next, dan prev. cara nya masih sama seperti cara kita mengimport mobil 1-4.



Sekarang tekan F4 untuk kembali ke page 2. Insert > graphic > (pilih 1 gambar untuk page 2, missal pg1).  Kemudian klik ctrl + n untuk membuat page baru dengan background sama. Di sini saya akan membuat hingga 7 halaman.



Oh iya 1 yang tidak boleh di lupakan yaitu pemberian nama pada page (properties for page). Pada halaman dua, kita bisa beri nama menu.



Properties for button (untuk mobil 1)
 Properties for button (untuk mobil 2)
 Properties for button 3 (mobil 3)
 Properties for button (mobil 4)




Properties for page 3-6



Agar program dapat di jalankan, maka program ini perlu di masukkan script. Namun untuk script akan saya bahas pada kesempatan berikutnya.
Semoga ilmu ini bermanfaat bagi kita semua. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar