Sabtu, 27 Oktober 2012

FLOWCHART


FLOWCHART
Apa sih yang di maksud dengan flowchart?
Flowchart adalah logika atau urutan-urutan instruksi program dalam suatu diagram alur. Jadi flowchart itu berfungsi untuk membantu dalam pembuatan program secara umum setelah dituangkan ke dalam program secara detail. Sehingga memudahkan pembut program, dan juga dapat menghasilkan program tersturktur serta output yang sesuai rencana.
Program? Apa itu program?
Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkag untuk menyelesaikan masalah,
Lalu apa itu pemrograman?
Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutn langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Standar program yang baik
Standar program ini dibutuhkan untuk menciptakan suatu program yang baik yang memiliki portabilitas yang tinggi. Adapun standar program itu sendiri, diantaranya:
a.       Pemecahan masalah
b.      Penyusunan program
c.       Perawatan program
d.      Standar prosedur

STANDAR TEKNIK PEMECAHAN MASALAH
Setelah masalah dipahami, maka programmer membutuhkan suatu teknik untuk memecahkan masalah tersebut, antara lain teknik top-down dan teknik buttom-up.
Teknik top-down ini paling umum digunakan. Pada teknik ini suatu masalah di bagi menjadi beberapa kelompok masalah kecil.
Teknik buttom-up, teknik ini sudah mulai ditinggalkan karena sulit untuk melakukan standarisasi proses dari prosedur-prosedur yang sudah terbentuk yang akan digabungkan.
STANDAR PENYUSUNAN PROGRAM
Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan oleh seorang programmer, yaitu:
·         Kebenaran logika dan penulisan : program yang disusun harus memiliki kebenaran logika  pemecahan masalah maupun penulisan. Program tersebut juga harus memiliki ketepatan, ketelitian, dan kebenaran dalam perhitungan.
·         Waktu minimum untuk penulisan program: waktu yang harus tersedia secara wajar untuk menyusun program dari awal hingga siap di operasikan.
·         Kecepatan maksimum eksekusi:  factor yang harus diperhatikan antara lain bahasa pemrograman yang digunakan (basis interpreter atau compiler), algoritma yang disusun, teknik pemrograman yang dipakai, dan perangkat keras yang dipakai.
·         Ekspresi penggunaan memori:  programmer perlu membuat program yang meminimumkan penggunaan memori.
·         Kemudahan merawat dan mengembangkan program:  hendaknya memiliki struktur program yang baik, jelas dan dilengkapi dengan dokumentasi, sehingga mudah untuk dipahami.
·         User friendly : program yang di buat juga harus memiliki fasilitas-fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pemakai untuk mengoperasikannya.
·         Portability: sebaiknya program yang disusun dapat dioperasikan dengan berbagai jenis system operas & perangkat keras yang berbeda.
·         Program modular: pada teknik top-down masalah yang kompleks dibagi menjadi beberapa kelompok masalah kecil. Dan kelompok masalah kecil itu disebut modul.












Sumber:
Arsip pribadi (kumpulan catatan dan modul Algoritma dan Pemrograman)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar