FLOWCHART
Apa sih
yang di maksud dengan flowchart?
Flowchart adalah logika atau
urutan-urutan instruksi program dalam suatu diagram alur. Jadi flowchart itu
berfungsi untuk membantu dalam pembuatan program secara umum setelah dituangkan
ke dalam program secara detail. Sehingga memudahkan pembut program, dan juga
dapat menghasilkan program tersturktur serta output yang sesuai rencana.
Program?
Apa itu program?
Program adalah kata, ekspresi,
pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan
prosedur yang berupa urutan langkag untuk menyelesaikan masalah,
Lalu apa
itu pemrograman?
Pemrograman adalah proses
mengimplementasikan urutn langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan
menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Standar program yang baik
Standar program ini dibutuhkan
untuk menciptakan suatu program yang baik yang memiliki portabilitas yang
tinggi. Adapun standar program itu sendiri, diantaranya:
a. Pemecahan
masalah
b. Penyusunan
program
c. Perawatan
program
d. Standar
prosedur
STANDAR
TEKNIK PEMECAHAN MASALAH
Setelah masalah dipahami, maka
programmer membutuhkan suatu teknik untuk memecahkan masalah tersebut, antara
lain teknik top-down dan teknik buttom-up.
Teknik top-down ini paling umum
digunakan. Pada teknik ini suatu masalah di bagi menjadi beberapa kelompok
masalah kecil.
Teknik buttom-up, teknik ini
sudah mulai ditinggalkan karena sulit untuk melakukan standarisasi proses dari
prosedur-prosedur yang sudah terbentuk yang akan digabungkan.
STANDAR
PENYUSUNAN PROGRAM
Ada beberapa kriteria yang harus
diperhatikan oleh seorang programmer, yaitu:
·
Kebenaran logika dan penulisan : program yang
disusun harus memiliki kebenaran logika
pemecahan masalah maupun penulisan. Program tersebut juga harus memiliki
ketepatan, ketelitian, dan kebenaran dalam perhitungan.
·
Waktu minimum untuk penulisan program: waktu
yang harus tersedia secara wajar untuk menyusun program dari awal hingga siap
di operasikan.
·
Kecepatan maksimum eksekusi: factor yang harus diperhatikan antara lain
bahasa pemrograman yang digunakan (basis interpreter atau compiler), algoritma
yang disusun, teknik pemrograman yang dipakai, dan perangkat keras yang
dipakai.
·
Ekspresi penggunaan memori: programmer perlu membuat program yang
meminimumkan penggunaan memori.
·
Kemudahan merawat dan mengembangkan
program: hendaknya memiliki struktur
program yang baik, jelas dan dilengkapi dengan dokumentasi, sehingga mudah
untuk dipahami.
·
User friendly : program yang di buat juga harus
memiliki fasilitas-fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pemakai untuk
mengoperasikannya.
·
Portability: sebaiknya program yang disusun
dapat dioperasikan dengan berbagai jenis system operas & perangkat keras
yang berbeda.
·
Program modular: pada teknik top-down
masalah yang kompleks dibagi menjadi beberapa kelompok masalah kecil. Dan
kelompok masalah kecil itu disebut modul.
Sumber:
Arsip pribadi (kumpulan catatan
dan modul Algoritma dan Pemrograman)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar