Minggu, 21 Oktober 2012

Lingkungan Visual Basic



Lingkungan Visual Basic
Layar visual basic adalah suatu lingkungan besar yang terdiri dari beberapa bagian-bagian kecil yang kesemuanya memiliki sifat:
Floating: dapat di geser-geser ke posisi mana saja. Untuk menggeser elemen layar visual basic, klik dan tahan tombol mouse pada judul (Title Bar) elemen tersebut, lalu geserlah ke tempat yang diinginkan.
Sizable: dapat diubah-ubah ukurannya. Untuk mengubah ukuran suatu elemen/jendela klik dan tahan tombol mouse pada sisi (border) jendela tersebut. Lalu geserlah hingga ke ukuran yang di inginkan.
Dockable: dapat menempel dengan bagian lain yang berdekatan. Untuk menempelkan elemen layar Visual Basic ke elemen lainnya, cukup tempelkan sisi-sisi elemen tersebut dan secara otomatis akan menempel ke tempat yang kita inginkan.
Control Menu
Control menu adalah menu yang digunakan terutama untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Dari menu ini kita bisa mengubah ukuran, memindahkan, atau menutup jendela Visual Basic atau jendela window lainnya.
Contoh menu:
Restore : mengubah ukuran jendela ke ukuran sebelumnya.
Move : memindahkan letak jendela.
Size : mengubah ukuran jendela.
Minimize : meminimalkan ukuran jendela.
Maximize : memaksimalkan ukuran jendela.
Close : menutup jendela.

Menu
Menu pada Visual Basic berisi semua perintah Visual Basic yang dapat kita pilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu sebagian besar sama dengan program window pada umumnya. Untuk memilih menu, caranya sama dengan program window lainnya:
Dengan mouse:
klik mouse pada menu submenu.
Dengan keyboard:
Tekan alt dan karakter bergaris bawah untuk memilih menu. missal, alt + F untuk membuka file.
Beberapa perintah juga memiliki shortcut (tombol cepat) seperti misalnya ctrl + N untuk membuka proyek baru.
Toolbar
Adalah tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic. Setiap tombol tersebut dapat langsung di klik. Biasanya tombol ini merupakan perintah yang sering digunakan dan terdapat pula pada menu Visual Basic. Contoh : Edit > Copy.
Pada visual basic 6 terdapat bebrapa toolbar yang dapat kita gunakan. Untuk menampilkan toolbar, kita dapat mengklik view>toolbars. Disini saya akan paparkan beberapa toolbar beserta kegunaannya.

NAMA
FUNGSI
Add Project
menambahkan proyek ke dalam proyek yang sudah ada.

Add Item
menambahkan komponen atau objek ke dalam form.
Menu editor
menampilkan menu editor untuk mengubah tampilan menu.
Start
menjalankan projek yang dibuat.
Project Explorer
menampilkan jendela project expolorer.
Properties Window
menampilkan jendela properties.
Form Layout Window
Menampilkan jendela from layout window

From window atau jendela window adalah daerah kerja utama, dimana kita dapat membuat program-program aplikasi visual basic. Disini kita dapat meletakkan berbagai macam obyek, seperti teks, gambar. Tombol perintah, scroll bar, dan lain-lain.
Apabila program aplikasi di jalankan, maka semua yang terdapat pada form akan di tampilkan pada layar window. Jendela form inilah yang nantinya akan menjadi background dari aplikasi yang kita buat. Kita memulai bekerja dengan jendela form yang kosong, kemudian di tambah dengan berbagai objek yang akhirnya akan membentuk aplikasi visual basic yang lengkap.




Referensi:
Pemrograman Microsoft Visual Basic 6 karya Adi Kurniawan Penerbit Elex Media Komputindo
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar