KOMPONEN UTAMA E-COMMERCE
1. Electronic
Data Interchange
Electronic Data
Interchange(EDI) didefinisikan sebagai pertukaran data antar komputer antar
organisasi atas suatu informasi terstruktur dalam format yang standar dan bisa
diolah oleh komputer.
Komponen utama dari EDI standar
adalah :
v Data Element
v Data Segment
v Transaction Set
v Fungtional Group
2. Digital
Currency
Digital Currency dimaksudkan untuk
memungkinkan user untuk memindahkan dananya secara elektronik dalam lingkungan
kerja tertentu.
Jenis-jenis digital currency :
v Electronic Cash
v Micropayment
3. Electronic
Catalogs
Electronic Catalogs(e-catalogs)
telah berada pada aplikasi komersil yang dirancang untuk internet dan merupakan
komponen utama dari sistem e-commerce. E-catalogs merupakan antar muka (GUI)
yang umumnya berbentuk halaman WWW dimana menyediakan informasi tentang
penawaran produk dan jasa.
4. Intranets dan Extranets
Intanet merupakan hanya kumpulan web site yang dimiliki oleh suatu
kelompok yang bisa diakses hanya oleh anggota kelompok tersebut. Sedangkan
extranets merupakan area tertentu dari internet yang bisa diakses oleh kelompok
diluar anggota kelompok intranet , tetapi dengan otorisasi tertentu.
Kelebihan
E-Commerce :
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
- Meningkatkan daya saing perusahaan
- Menggantikan konsep manual
- Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
- Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
- Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.
Kekurangan E-Commerce:
a. Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
b. Penjelasan produk kurang jelas
c. Harga terkadang tidak sesuai
d. Produk kurang dikenal oleh masyarakat
e. Kurang aman dalam melakukan transaksi
f. Tampilan produk kurang jelas
g. Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya
penipuan
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar