Kamis, 02 Januari 2014

KEHEBATAN WEBSITE




World Wide Web atau lebih sering dikenal sebagai web adalah suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink yang memudahkan surfer (sebutan para pemakai komputer yang melakukan browsing atau penelusuran informasi melalui internet). Keistimewaan inilah yang telah menjadikan web sebagai service paling cepat pertumbuhannya.
Web mengizinkan pemberian highlight (penyorotan / penggaris bawahan pada kata-kata atau gambar dalam sebuah dokumen untuk mengubungkan atau menunjuk ke media lain seperti dokumen, frasa, movie clip, atau file suara. Web dapat menghubungkan dari sembarang tempat dalam sebuah dokumen atau gambar ke sembarang tempat di dokumen lain. Dengan sebuah browser yang memiliki Graphical User Interface (GUI), link-link dapat dihubungkan ke tujuannya dengan menunjuk link tersebut dengan mouse dan menekannya.
Suatu situs web akan dikenal dengan cepat apabila informasi yang disajikan selalu up-to-date dan lengkap. Perlu disadari juga bahwa untuk melakukan up-to-date merupakan suatu permasalahan yang tidak mudah untuk dilakukan, selain membutuhkan waktu juga sangat merepotkan dalam melakukan penambahan atau pengubahan data yang akan disajikan.
Jika sebuah situs tidak dirancang secara sistematis, maka akan terjadi kesulitan dan kerepotan dalam melakukan pemeliharaan, meng-update dan melengkapi data. PHP dan database merupakan solusi yang dapat digunakan dalam mengelola situs. Hanya dengan melakukan penambahan atau perubahan data kedalam database tanpa harus melakukan perubahan atau editing HTML.

Siapa sih penemu website itu?
Penemu situs web adalah Sir Timothy John Berners-Lee sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Timothy ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana timothy bekerja) mengumumkan bahwa www dapat digunakan secara gratis oleh public.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. Biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topic khusus atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demikian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah werver web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah serta menangani layanan atas protocol HTTP yang disebut sebagai server HTTP seperti Apache HTTP server atau internet information Service (IIS).





Sumber:
PHP Menyelesaikan Website 30 Juta!, Josef Murya, Jasakom.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar