Kamis, 31 Oktober 2013

Sejarah Linux


Apa itu linux?

Pada akhir tahun 1991, “Linux” mulai dikenal oleh kalangan pemakai internet. Saat itu kehadiran Linux masih belum menarik perhatian orang, apalagi mengusik raksasa software dunia sekelas Microsft, Borland, Apple, Novell, dan lain-lain.
Kini setelah sepuluh tahun lebih sejak kehadirannya, ternyata linux telah membuat raksasa-raksasa software dunia tertegun. Perlahan tapi pasti, Linux akan menjadi raksasa baru. Sebenarnya apakah linux itu? Mengapa pertumbuhannya begitu pesat?
Untuk menjawabnya marilah kita tengok sekilas sejarah perkembangan UNIX yang menjadi cikal bakal Linux. UNIX adalah salah satu sistem operasi dari sekian banyak pilihan yang ada. Beberapa nama sistem operasi yang popular diantaranya: DOS, Windows 9x/NT/2000/XP, Novell, OS/2, BeOS, MacOS, UNIX dan masih banyak lagi.
Sejarah UNIX dimulai pada tahun 1965 ketika para ahli dari Bell Laps, sebuah laboratorium milik AT&T, bekerja sama dengan MIT dan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics. Multics didesain dengan beberapa keunggulan, seperti multiuser, multiprosesor, dan multi level (hirarki) filesystem.
UNIX memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan Multics. Nama UNIX diberikan oleh Brian Kernighan untuk member penegasan bahwa UNIX bukanlah Multics. UNIX memiliki kekhasan dan keunggulan seperti:
ü  Multilever (hirarki) filesystemnya
ü  Multiuser
ü  Multiprosesor
ü  Desain arsitekturnya yang independen terhadap suatu hardware
ü  Berbagai device dapat dianggap sebagai file khusus
ü  Memiliki user interface yang sederhana
ü  Cocok untuk lingkungan pemrograman
ü  Memiliki berbagai utilitas yang dapat saling digabungkan

Lalu bagaimana dengan linux? Linux adalah sistem operasi yang cara kerja maupun style-nya mirip UNIX. Linux mula-mula dibuat oleh mahasiswa dari Universitas Helsinki di Finlandia bernama Linus Torvalds. Linus membuat sistem operasi sendiri yang mirip dengan Minix. Minix merupakan salah satu jenis UNIX yang dibuat untuk keperluan pendidikan dan pengajaran.
Linus mulai mengembangkan sistem operasi untuk computer IBM PC kompatibel pada bulan Agustus 1991. Sistem operasi buatannya kemudian diberi versi 0.01. Pada tanggal 5 Oktober 1991 secara resmi Linus mengumumkan versi Linux 0.02 di internet. Saat itu Linux yang hanya dapat menjalankan shell bash. Linux dipublikasikan lengkap dengan source codenya yang ternyata disambut secara antusias oleh programmer dan komunitas pengguna internet. Sejak saat itu hingga detik ini dimulailah proyek pengembangan Linux yang melibatkan programmer dari seluruh dunia.


Sumber referensi:
Sofana Iwan, Mudah Belajar Linux , Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar