Rabu, 09 Oktober 2013

CLASS DALAM PEMBUATAN GAME




Berikut ini adalah class-class penting yang sering dipakai dalam pembuatan game:
1.      Array
Array adalah sekumpulan variable yang mempunyai nama sama tetapi dibedakan oleh indeks. Dalam flash, tipe data d dalam 1 array bisa berbeda-beda.
Method yang digunakan yaitu:
a.       Array.push(value:object) : number
Menambah satu atau lebih elemen ke bagian akhir array dan me-return panjang baru dari array.
Parameter:
-          Value -> elemen yang ditambah.
b.      Array.splice(starIndex:number,[deleteCount:number],[value: object] : array
Menambah elemen ked an menghapus elemen dari sebuah array. Method ini langsung memodifikasi array, tanpa membuat kopian.
Parameter:
-          starIndex -> nomor index dari array yang dimana penghapusan atau pensisipan dimulai.
-          Delete Count [optional] -> jumlah elemen yang akan dihapus.
-          Value [optional] -> nilai yang akan disisipkan mulai dari starIndex.

2.      SharedObject
shared Objects (SO), biasanya disebut sebagai flash cookies (karena memiliki kesamaan dengan HTTP cookies) adalah kumpulan data yang digunakan oleh Flash Player yang disimpan dalam computer pengguna. Untuk melakukan save game dan penyimpanan setting game biasanya digunakan SO ini.
Method yang dapat digunakan yaitu:
a.       SharedObjec.clear(): void
Menghapus semua data dari sebuah shared object dan menghapus shared object dari disc.
b.      SharedObject.flush(]minDiskSpace : number]) : object
Langsung menuliskan sebuah shared object yang tetap / persisten ke sebuah file local. Jika flush() tidak digunakan, penulisan shared object ke file local terjadi saat sesi dari shared object selesai, yaitu saat SWF ditutup.
c.       SharedObject.getLocal(name:String, [LocalPath:String],[secure: Boolean]) : SharedObject
Me-return reference ke shared objek local yang sedang aktif (tidak bisa membuka shared object milik user computer lain).
Parameter:
-          Name -> nama dari shared object (menjadi nama file yang dibuat)
-          localPath -> String yang menspesifikasi path lengkap atau parsial ke file SWF yang membentuk shared object. Default nya adalah path lengkap.

3.      Math
Class Math digunakan untuk mengolah data matematis. Beberapa method yang dapat digunakan yaitu:
a.       Math.abs(x:Number) : Number
Menghitung dan me-return nilai absolute dari x.
Parameter:
-          X -> angka yang akan diabsolutkan
b.      Math.cos(radian:Number) : Number
Me-return nilai cos, antara -1 dan 1. Parameternya harus dalam radian.
c.       Math.sin(radian : Number) : Number
Me-return nilai sin, antara -1 dan 1. Parameternya harus dalam radian.
d.      Math.tan(radian : number) : Number
Me-return nilai tan. Parameternya harus dalam radian.
e.       Math.acos(x:Number) : Number
Me-return nilai arc cosinus dalam radian. Parameternya x harus berkisar anatara -1 dan 1.




Sumber Referensi:
KRISTO RADION, S.ST, EASY GAME PROGRAMMING USING FLASH and ACTIONSCRIPT 3.0, ANDI, YOGYAKARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar