Berikut ini adalah
class-class penting yang sering dipakai dalam pembuatan game:
1. Array
Array adalah sekumpulan
variable yang mempunyai nama sama tetapi dibedakan oleh indeks. Dalam flash,
tipe data d dalam 1 array bisa berbeda-beda.
Method yang digunakan
yaitu:
a.
Array.push(value:object) : number
Menambah
satu atau lebih elemen ke bagian akhir array dan me-return panjang baru dari
array.
Parameter:
-
Value -> elemen yang ditambah.
b.
Array.splice(starIndex:number,[deleteCount:number],[value:
object] : array
Menambah
elemen ked an menghapus elemen dari sebuah array. Method ini langsung
memodifikasi array, tanpa membuat kopian.
Parameter:
-
starIndex -> nomor index dari array
yang dimana penghapusan atau pensisipan dimulai.
-
Delete Count [optional] -> jumlah
elemen yang akan dihapus.
-
Value [optional] -> nilai yang akan
disisipkan mulai dari starIndex.
2. SharedObject
shared Objects (SO),
biasanya disebut sebagai flash cookies (karena memiliki kesamaan dengan HTTP
cookies) adalah kumpulan data yang digunakan oleh Flash Player yang disimpan
dalam computer pengguna. Untuk melakukan save game dan penyimpanan setting game
biasanya digunakan SO ini.
Method yang dapat
digunakan yaitu:
a.
SharedObjec.clear(): void
Menghapus
semua data dari sebuah shared object dan menghapus shared object dari disc.
b.
SharedObject.flush(]minDiskSpace :
number]) : object
Langsung
menuliskan sebuah shared object yang tetap / persisten ke sebuah file local. Jika
flush() tidak digunakan, penulisan shared object ke file local terjadi saat
sesi dari shared object selesai, yaitu saat SWF ditutup.
c.
SharedObject.getLocal(name:String,
[LocalPath:String],[secure: Boolean]) : SharedObject
Me-return
reference ke shared objek local yang sedang aktif (tidak bisa membuka shared
object milik user computer lain).
Parameter:
-
Name -> nama dari shared object
(menjadi nama file yang dibuat)
-
localPath -> String yang
menspesifikasi path lengkap atau parsial ke file SWF yang membentuk shared
object. Default nya adalah path lengkap.
3. Math
Class Math digunakan
untuk mengolah data matematis. Beberapa method yang dapat digunakan yaitu:
a.
Math.abs(x:Number) : Number
Menghitung
dan me-return nilai absolute dari x.
Parameter:
-
X -> angka yang akan diabsolutkan
b.
Math.cos(radian:Number) : Number
Me-return
nilai cos, antara -1 dan 1. Parameternya harus dalam radian.
c.
Math.sin(radian : Number) : Number
Me-return
nilai sin, antara -1 dan 1. Parameternya harus dalam radian.
d.
Math.tan(radian : number) : Number
Me-return
nilai tan. Parameternya harus dalam radian.
e.
Math.acos(x:Number) : Number
Me-return
nilai arc cosinus dalam radian. Parameternya x harus berkisar anatara -1 dan 1.
Sumber
Referensi:
KRISTO
RADION, S.ST, EASY GAME PROGRAMMING USING FLASH and ACTIONSCRIPT 3.0, ANDI,
YOGYAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar