Secara umum, telematika
mempunyai dua fungsi yaitu:
1. Sebagai
penyampai informasi.
Telematika
digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi
menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia
akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan
kesadaran dan wawasan.
2. Sebagai
sarana kontak sosial hidup bermasyarakat.
Interaksi
sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan
kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut,
walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi
sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah
dibanding hasil perseorangan.
Berdasarkan perkembangan telematika tersebut diatas, telematika di Indonesia memiliki tiga peran pokok, antara lain :
1. Mengoptimalkan
proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan
pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan
masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses
komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari
satu daerah ke daerah lain.
2. Meningkatkan
Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang
memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara
dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
3. Pemersatu
bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan
sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa
terhalang jarak daerah masing-masing.
Telematika
di Indonesia memiliki tiga peran pokok, antara lain:
1. Mengoptimalkan
proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan
pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan
masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses
komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari
satu daerah ke daerah lain.
2. Meningkatkan
Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang
memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara
dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
3. Pemersatu
bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan
sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa
terhalang jarak daerah masing-masing.
Dampak
positif yang akan muncul pada penggunaan telematika baik secara langsung maupun
tidak langsung, yaitu :
1. Penghematan
transportasi dan bahan bakar.
2. Menghindarkan
jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
3. Mengembangkan
konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
4. Menyuguhkan
banyak pilihan sarana telekomunikasi
Dampak
negatif yang akan muncul pada penggunaan telematika baik secara langsung maupun
tidak:
1. Meningkatnya
tingkat kejahatan menggunakan media internet.
2. Kurangnya
keamanan pengaksesan informasi negative dapat meningkatkan kejahatan dalam
masyarakat.
3. Kurangnya
privasi pengguna, karena kurangnya keamanan jaringan sehingga dapat dengan
mudah disusupi oleh hacker/cracker ataupun virus.
4. Meningginya
individualisme masyarakat, karena tidak ada batas ruang dan waktu menyelusur
dunia maya sehingga terkadang menjadi lupa diri, dan tidak mengenal sekitar.
Media
Komunikasi yang digunakan untuk telematika antara lain:
1. Handphone
2. Internet
3. Video
Conference
4. Radio
5. GPS
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar