Jumat, 13 Desember 2013

MODEL 3D



M
odel adalah representasi objek atau sistem. Sedangkan pemodelan adalah kreasi dan manipulasi representasi objek atau sistem.
Model -> Render -> Display

Tipe model:
1. Model Geometri
·        Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan objek.
·        Contoh : garis, polygon, kurva.
2. Model Descriptive
·        Representasi matematik atau konseptual
·        Contoh : persamaan dan deskripsi atribut


Representasi pemodelan
·        Constructive Solid Geometry (CSG) dan Hierarchical Modelling.
·        Hierarchical Modelling: model grafis yang disusun dari sejumlah model individual.
·        Hierarchical model melibatkan proses transformasi.


Representasi Objek 3D
1. Representasi Batas
·        Representasi permukaan
·        Facet polygon, permukaan spline dikonversi ke dalam bentuk jarring polygon.
2. Representasi Solid (Space partitioning)
·        Representasi objek melalui sekumpulan set padat (kubus)
Setiap permukaan dari polygon yang membentuk objek akan memuncukan garis normal yaitu vector tegak lurus pada permukaan. Fungsinya untuk bayangan.
Iluminasi adalah perpindahan energy (khususnya luminous flux dari cahaya yang terlihat) dari sumber cahaya ke permukaan dan titik-titik.

Komponen Iluminasi:
1. Sumber Cahaya
·        Spectrum daya pancar / Emittance Spectrum (warna)
·        Geometry (posisi dan arah).
·        Pelemahan arah / directional attenuation.
2.  Property Permukaan / Surface Properties
·        Spectrum pantulan / reflectance spectrum (warna) untuk beragam aspek iluminasi.
·        Geometry (posisi, orientasi dan struktur mikro)
·        Penyerapan.



Sumber:
Diktat perkuliahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar