M
|
odel adalah representasi objek atau
sistem. Sedangkan pemodelan adalah kreasi dan manipulasi representasi objek
atau sistem.
Model -> Render -> Display
Tipe
model:
1. Model
Geometri
·
Penggunaan entitas geometri untuk menggambarkan
objek.
·
Contoh : garis, polygon, kurva.
2. Model
Descriptive
·
Representasi matematik atau konseptual
·
Contoh : persamaan dan deskripsi atribut
Representasi
pemodelan
·
Constructive Solid Geometry (CSG) dan Hierarchical
Modelling.
·
Hierarchical Modelling: model grafis yang disusun
dari sejumlah model individual.
·
Hierarchical model melibatkan proses transformasi.
Representasi
Objek 3D
1. Representasi
Batas
·
Representasi permukaan
·
Facet polygon, permukaan spline dikonversi ke dalam
bentuk jarring polygon.
2. Representasi
Solid (Space partitioning)
·
Representasi objek melalui sekumpulan set padat
(kubus)
Setiap permukaan dari polygon yang
membentuk objek akan memuncukan garis normal yaitu vector tegak lurus pada
permukaan. Fungsinya untuk bayangan.
Iluminasi adalah perpindahan energy
(khususnya luminous flux dari cahaya yang terlihat) dari sumber cahaya ke
permukaan dan titik-titik.
Komponen Iluminasi:
1.
Sumber Cahaya
·
Spectrum daya pancar / Emittance Spectrum (warna)
·
Geometry (posisi dan arah).
·
Pelemahan arah / directional attenuation.
2.
Property
Permukaan / Surface Properties
·
Spectrum pantulan / reflectance spectrum (warna)
untuk beragam aspek iluminasi.
·
Geometry (posisi, orientasi dan struktur mikro)
·
Penyerapan.
Sumber:
Diktat perkuliahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar