Apa
itu Grafik Komputer?
G
|
rafik komputer adalah suatu proses
pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari
beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistic dan bahkan struktur abstrak.
Istilah grafik komputer ditemukan
tahun 1960 oleh William Fetter: pembuatan desain model cockpit (boeing) dengan
menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi.
Pengguna mengendalikan isi,
struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen
dasar visual feedback.
Komponen
dasar sistem grafik interaktif:
1. Masukan:
mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live, video stream
dan lain-lain.
2. Proses dan
penyimpanan
3. Keluaran:
layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor dan lain-lain.
Sistem interaktif grafik pertama,
sketchpad ditemukan oleh ivan Sutherland (1963) di MIT.
Grafik
sebagai kunci kemampuan teknologi dalam evolusi lingkungan komputasi:
1. Graphical User
Interfaces (GUI)
2. Komputasi visual,
contoh desktop publishing, visualisasi scientific, visualisasi informasi.
Revolusi
perangkat hardware
1. Setiap 12-18
bulan kemampuan komputer meningkat dua kali lipat dalam hal harga / performance.
2. Memory grafik
dan kecepatan jaringan meningkat secara eksponensial.
Sumber:
Diktat
perkuliahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar