Beberapa
teknik dan sifat data mining adalah sebagai berikut:
Klasifikasi (Prediksi)
Adalah
menemukan sebuah record, data baru ke salah satu dari beberapa kategori atau
klas yang telah didefinisikan sebelumnya. Disebut juga dengan ‘supervised
searning’. Berikut ini adalah beberapa aplikasi dari klasifikasi:
1.
Penjualan
langsung (Direct Marketing)
Tujuannya : mengurangi cost surat
menyurat dengan menentukan (targeting) satu set konsumen yang mempunyai
kesamaan dalam membeli produk telepon seluler.
2.
Fraud
Detection
Tujuannya: memprediksi kasus-kasus
transaksi curang dengan menggunakan kartu kredit.
3.
Custumer
Attribut / Churn
Tujuannya : untuk memprediksi pelanggan
mana yang akan berpindah ke competitor kita.
Regresi
Memprediksi
nilai dari suatu variable kontinyu yang diberikan berdasarkan nilai dari
variable yang lain dengan mengasumsilkan sebuah model ketergantungan linier
atau non linier. Teknik ini banyak dipelajari dalam statistika, bidang jaringan
saraf tiruan (neural network). Contoh:
1.
Memprediksi
jumlah penjualan produk baru berdasarkan pada belanja promosi/iklan.
2.
Memprediksi
kecepatan angin sebagai fungsi suhu, kelembaban, tekanan udara, dsb.
3.
Time
series prediction dari indeks stock market.
Klasterisasi (Clustering)
Mempartisi
data-set menjadi beberapa subset atau kelompok sedemikian rupa sehingga
elemen-elemen dari suatu kelompok tertentu memiliki set property yang di share
bersama dengan tingkat similaritas yang tinggi dalam suatu kelompok dan tingkat
similaritas antar kelompok yang rendah. Disebut juga ‘unsupervised learning’.
Aplikasi
clustering:
1.
Market
segmentation
Tujuan : membagi pasar ke dalam subset
pelanggan yang berbeda, dimana suatu subset mungkin dapat dipilih sebagai
target pasar yang dicapai dengan satu kombinasi pemasaran yang berbeda.
2.
Document
Clustering
Tujuan: untuk mendapatkan kelompok
dokumen yang mempunyai kesamaan berdasarkan pernyataan atau kata-kata penting
yang muncul dalam dokumen tersebut.
Kaidah Asosiasi
Mendeteksi
kumpulan atribut yang muncul bersamaan dalam frekuensi yang sering dan
membentuk sejumlah kaidah dari kumpulan tersebut.
Aplikasi
kaidah asosiasi:
1.
Marketing
and Sales Promotion
2.
Supermarket
Shelf Management
Tujuan: untuk mengenali item-item yang
dibeli bersama oleh cukup banyak pelanggan.
3.
Inventory
Management
Tujuan: seorang pelanggan perusahan
mengharapkan keaslian dari perbaikan produk konsumen dan menjaga pelayanan.
Sumber Referensi:
Hermawati, Fajar Astuti.2013. Data Mining.
Yogyakarta: Andi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar