Kamis, 05 Juni 2014

Data mining




D
ata mining adalah proses yang memperkerjakan satu atau lebih teknik pembelajaran computer (machine learning) untuk menganalisis dan mengekstraksi pengetahuan secara otomatis. Definisi lain diantaranya adalah pembelajaran berbasis induksi adalah proses pembentukan definisi-definisi konsep umum yang dilakukan dengan cara mengobservasi contoh-contoh spesifik dari konsep-konsep yang akan dipelajari. Knowledge Discovery in Database (KDD) adalah penerapan metode saintifik pada data mining. Dalam konteks ini data mining merupakan satu langkah dari proses KDD.

Data mining berisi pencarian trend atau pola yang diinginkan dalam database besar untuk membantu pengambilan keputusan diwaktu yang akan datang.
Contoh yang bukan data mining adalah mencari nomor telepon dalam direktori telepon atau query suatu web search engine untuk informasi mengenai “Amazon”. Sedangkan yang termasuk data mining adalah mencari nama-nama khusus yang lazim di lokasi tertentu seperti di US (O’Brien, O’Rurke, O’Reilly.. di daerah Boston) dan mengelompokkan dokumen yang sama yang diperoleh dari search engine menurut konteksnya (missal, Amazon rainforestm Amazon.com).

Sumber Referensi:
Hermawati, Fajar Astuti.2013. Data Mining. Yogyakarta: Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar