Minggu, 30 September 2012

MENGAPA PENYESALAN SELALU DATANG BELAKANGAN?

Mungkin kalimat "mengapa penyesalan selalu datang belakangan?" sering sekali muncul di benak kita. Mungkin kita sering sekali bertanya seperti itu tanpa mencari tau jawabannya.

Kadang manusia berfikir, Tuhan tidak adil. Kalau Tuhan itu Maha Adil, Tuhan tidak mungkin membuat saya menyesal seperti ini. Tapi menurut saya, Tuhan itu benar-benar Maha adil. Tuhan tidak mungkin membiarkan hamba-Nya berlarut-larut dalam rasa penyesalan. Tuhan tentu tidak akan membiarkan hamba-Nya berjalan seorang diri. Tuhan memberikan kita rasa penyesalan agar kita mau belajar. Agar kita senantiasa selalu mengingat-Nya.

Sungguh Tuhan itu benar-benar Maha adil. Ia pun telah memberikan rasa syukur kepada kita. Yang tanpa kita sadari rasa syukur itu pun datangnya selalu belakangan. Apa pernah kita  berfikir mengapa rasa syukur datangnya selalu belakangan? Saya yakin jarang sekali orang yang berfikir seperti ini. Tuhan menciptakan rasa syukur supaya manusia menjadi lebih taat, dan patuh kepada-Nya.

Menurut saya, syukur dan penyesalan adalah satu paket yang datangnya selalu belakangan. Tuhan menciptakan kedua  rasa tersebut dengan tujuan yang mulia. Agar manusia mau belajar. Belajar bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan limpahkan. Dan belajar bersabar atas penyesalan yang telah Tuhan kehendaki.

Lantas mengapa kita masih berfikir Tuhan itu tidak adil? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar