Sabtu, 27 Oktober 2012

FLOWCHART


FLOWCHART
Apa sih yang di maksud dengan flowchart?
Flowchart adalah logika atau urutan-urutan instruksi program dalam suatu diagram alur. Jadi flowchart itu berfungsi untuk membantu dalam pembuatan program secara umum setelah dituangkan ke dalam program secara detail. Sehingga memudahkan pembut program, dan juga dapat menghasilkan program tersturktur serta output yang sesuai rencana.
Program? Apa itu program?
Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkag untuk menyelesaikan masalah,
Lalu apa itu pemrograman?
Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutn langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Standar program yang baik
Standar program ini dibutuhkan untuk menciptakan suatu program yang baik yang memiliki portabilitas yang tinggi. Adapun standar program itu sendiri, diantaranya:
a.       Pemecahan masalah
b.      Penyusunan program
c.       Perawatan program
d.      Standar prosedur

STANDAR TEKNIK PEMECAHAN MASALAH
Setelah masalah dipahami, maka programmer membutuhkan suatu teknik untuk memecahkan masalah tersebut, antara lain teknik top-down dan teknik buttom-up.
Teknik top-down ini paling umum digunakan. Pada teknik ini suatu masalah di bagi menjadi beberapa kelompok masalah kecil.
Teknik buttom-up, teknik ini sudah mulai ditinggalkan karena sulit untuk melakukan standarisasi proses dari prosedur-prosedur yang sudah terbentuk yang akan digabungkan.
STANDAR PENYUSUNAN PROGRAM
Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan oleh seorang programmer, yaitu:
·         Kebenaran logika dan penulisan : program yang disusun harus memiliki kebenaran logika  pemecahan masalah maupun penulisan. Program tersebut juga harus memiliki ketepatan, ketelitian, dan kebenaran dalam perhitungan.
·         Waktu minimum untuk penulisan program: waktu yang harus tersedia secara wajar untuk menyusun program dari awal hingga siap di operasikan.
·         Kecepatan maksimum eksekusi:  factor yang harus diperhatikan antara lain bahasa pemrograman yang digunakan (basis interpreter atau compiler), algoritma yang disusun, teknik pemrograman yang dipakai, dan perangkat keras yang dipakai.
·         Ekspresi penggunaan memori:  programmer perlu membuat program yang meminimumkan penggunaan memori.
·         Kemudahan merawat dan mengembangkan program:  hendaknya memiliki struktur program yang baik, jelas dan dilengkapi dengan dokumentasi, sehingga mudah untuk dipahami.
·         User friendly : program yang di buat juga harus memiliki fasilitas-fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pemakai untuk mengoperasikannya.
·         Portability: sebaiknya program yang disusun dapat dioperasikan dengan berbagai jenis system operas & perangkat keras yang berbeda.
·         Program modular: pada teknik top-down masalah yang kompleks dibagi menjadi beberapa kelompok masalah kecil. Dan kelompok masalah kecil itu disebut modul.












Sumber:
Arsip pribadi (kumpulan catatan dan modul Algoritma dan Pemrograman)



Senin, 22 Oktober 2012

GRAPH



GRAPH
Apasih yang di maksud dengan graph?
Graph adalah kumpulan / hubungan antara simpul dan busur. Secara matematis dapat di nyatakan sebagai berikut G = (V,E).
Dimana:
G adalah graph;
V adalah  vertex atau simpul;
E adalah edges atau busur;
Graph di bagi menjadi 2 yaitu:

  • Graph terhubung

Yaitu graph yang vertex (V) dan edges (E) nya saling terhubung.

  •  Graph tidak terhubung

Yaitu graph yang vertex (V) dan edges (E) nya saling terpisah.

Graph juga dibagi menjadi:

  • Graph tidak berlabel

  • Graph berlabel

Graph berlabel  ini dibagi menjadi dua kategori yaitu:
a.    Graph berlabel ajaib
Graph berlabel ajaib adalah graph yang memiliki weight (W) atau berat yang sama.
Contoh:


              

          W1 = 1 + 3 + 5 = 9
          W2 = 3 + 4 + 2 = 9
Bobot W1 dan W2 adalah sama, yaitu sama-sama 9. Maka graph ini disebut graph ajaib.
b.    Graph berlabel anti ajaib
Graph anti ajaib adalah graph yang memiliki weigh (W) yang berbeda-beda, namun dengan selisih yang sama. Contohnya:
                            
               


W1 = 1 + 10 + 3 = 14
W2 = 3 + 8 + 5 = 16
W3 = 5 + 6 + 7 = 18
W4 = 7 + 4 + 9 = 20
W5 = 9 + 2 + 11 = 22
W6 = 11 + 12 + 1 = 24
W1, W2, W3, W4, W5, W6 memiliki selisih yang sama yaitu dua.


Sumber :
Arsip pribadi (catatan mata kuliah Graph dan Analisis Algoritma)

Minggu, 21 Oktober 2012

Mengenal Visual Basic Lebih Dalam

Mengenal Visual Basic Lebih Dalam
Toolbox
Adalah sebuah kotak peranti yang mengandung semua objek atau control yang di butuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi.
Control adalah suatu objek yang akan menjadi interface (penghubung) antara program aplikasi dan user nya, dan kesemuanya harus diletakkan di dalam jendela form.
Apabila kita pertama kali menjalankan Visual Basic, maka toolbox akan ditampilkan di sebelah kiri layar dan berisi objek-objek standar yang akan selalu muncul setiap kali kita menjalankan visual basic. Kita juga dapat menambah objek pada toolbox dengan cara memilih menu Project > Components.
Project Explorer
Jendela project explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi visual basic. Setiap aplikasi dalam visual basic disebut dengan project. Dan setiap project mengandung lebih dari satu file. Pada project explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi, misalnya form, modul, class.
Jendela Properties
Adalah jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi visual basic. Properti adalah sifat dari sebuah objek, misalnya warna, ukuran, posisi. Setiap objek sebagian besar memiliki jenis properti yang sama, tetapi ada pula yang berbeda.
Kita dapat mengatur bentuk dan karakteristik dari setiap objek melalui jendela properties ini. Di bagian paling atas dari jendela properties terdapat kotak yang menunjukkan nama objek yang sedang aktif, sedang propertinya di tampilkan di bagian bawah dari jendela properties tersebut.
Form Layout Window
Adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. Posisi form pada Form Layout Window inilah yang merupakan petunjuk di mana aplikasi kita akan di tampilkan pada layar monitor saat di jalankan nanti.,
Kita juga dapat mengatur letak form dengan mengklik tombol mouse kanan pada Form Layout Window. Pada menu yang muncul kita dapat menentukan pilihan sebagai berikut:
Reolution Guides
Menampilkan garis panduan resolusi layar

Starup Position
Menentukan posisi form saat aplikasi dijalankan
Dockable
Membuat form layout window bersifat menempel pada jendela lainnya
Hide
Menyembunyikan form layout window

Jendela Code
Adalah salah satu jendela yang penting di dalam Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi untuk aplikasi visual basic. Setiap objek pada visual basic dapat ditambah dengan kode-kode program agar dapat melakukan tugas-tugas tertentu.
Pada saat kita menjalankan visual basic, jendela ini tidak akan ditampilkan pada layar. Ada beberapa cara untuk menampilkannya, yaitu:
Pilih menu View > Code
Klik ganda objek tertentu pada form window, atau
Klik kanan pada komponen yang diinginkan, lalu pilih View Code.
Membuat Aplikasi Baru
Untuk membuat aplikasi visual basic yang baru, langkah-langkahnya seperti ini:
Pilih menu File > New Project, atau klik tombol Ctrl + N.
Kotak dialog akan muncul, maka kita bisa memilih jenis aplikasi yang kita inginkan.
Bebrapa pilihan yang terdapat pada kotak dialog New Project adalah sebagai berikut:

Nama
Fungsi
Standard EXE
Membuat aplikasi Visual Basic Standar
ActiveX EXE
Membuat aplikasi ActiveX
ActiveX DLL
Membuat library ActiveX
ActiveX Control
Membuat control ActiveX
VB Application Wizard
Membuat aplikasi dengan bantuan wizard
VB Wizard Manager
Pusat pengelolaan wizard visual basic
IIS Application
Membuat aplikasi IIS (Internet Information Server)
DHTML Application
Membuat aplikasi DHTML (Dynamic Hypertext Mark-up Language) untuk internet

Klik tombol OK untuk membuat aplikasi
Membuat Aplikasi yang Sudah Ada
Membuka Aplikasi pada Komputer
Untuk membuka aplikasi visual basic yang sudah pernah kita simpan sebelumnya, caranya sebagai berikut:
Pilih menu File > Open Project atau tekan tombol Ctrl + O.
Pada kotak dialog Open Project, klik pada tab Existing.
Cari file proyek VB yang terdapat pada hard disk (biasanya berekstensi *.vbp).
Klik Open untuk membukanya.
Membuka Aplikasi Terakhir
Caranya adalah sebagai berikut :
Pilih menu File. Pada daftar menu yang muncul, dibagian bawah terdapat beberapa objek terakhir yang pernah kita buka.
Pilih proyek atau aplikasi VB yang kita inginkan.
Jika proyek yang kita inginkan tidak terlampir, pilih File > Open.
Pada kotak dialog Open Project yang muncul pilih tab Recent.
Pilih proyek VB yang terdapat pada daftar (daftar ini melampirkan proyek VB yang pernah kita buka terakhir kalinya).
Klik tombol Open untuk membukanya.
Menutup Aplikasi
Proses penutupan ini akan dilakukkan secara otomatis apabila kita membuat proyek baru atu membuka proyek yang sudah ada. Kita dapat menutup aplikasi yang sedang di buat dengan cara:
Pilih menu File > Remove Project atau
Pada jendela Project Explorer pilihlah nama proyek (pada direktori pohon paling atas). Klik kanan tombol mouse lalu pada menu yang muncul, pilih Remove Project.
Jika ternyata masih ada project visual basic yang terbuka, akan muncul kotak dialog yang meminta kita menyimpan proyek tersebut.
Klik yes untuk menyimpan semua perubahan yang dibuat.
Klik no untuk tidak menyimpan prubahan.
Klik cancel untuk tidak jadi menutup proyek VB.
Keluar dari Visual Basic
Untuk keluar dari aplikasi Visual Basic ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Diantaranya:
Pilih menu File > Exit.
Tekan tombol Alt + Q.
Tekan tombol Alt + F4.
Klik tombol close yang terdapat di pojok kanan atas jendela visual basic.









Referensi:
Pemrograman Microsoft Visual Basic 6 karya Adi Kurniadi, Penerbit PT Elex Media Komputindo